Hot News
Home » Automotive » 5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Mobil Listrik

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Mobil Listrik

Bagi anda yang tertarik untuk membeli mobil listrik alangkah baiknya anda mengumpulkan dulu informasi tentang kelebihan dan kekurangan mobil listrik sebelum membeli mobil listrik.

Mobil listrik sudah banyak beredar di masyarakat, baik yang tipe EV atau full elektrik ataupun tipe hybrid. Di Indonesia ada beberapa model mobil listrik jenis EV yang sudah beredar misalnya Tesla Model 3, Nissan Leaf, BMW i3S , Hyundai Ionic.

Sedangkan untuk mobil tipe hybrid adalah Toyota Camry Hybrid. DI Negara Negara Eropa dan Amerika, mobil listrik sudah sangat popular dan perlahan lahan mulai menggantikan mobil konvensional.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan mobil listrik dibandingkan dengan mobil biasa :

1.Biaya operasional

Dalam hal biaya operasional dan perawatan mobil listrik lebih murah jika dibandingkan mobil biasa. Hal tersebut karena mobil listrik sama sekali tidak menggunakan bahan bakar bensin, tapi menggunakan energi listrik dari baterai untuk menjalankan kendaraan.

Karena komponen spare partnya yang relatif lebih sedikit dan tanpa menggunakan mesin bensin artinya tidak membutuhkan Oli mesin maka biaya perawatan setiap bulan juga lebih murah.

Tetapi kekurangannya adalah harga jual yang relatif lebih mahal karena menggunakan taknologi baru dimana belum banyak produsen yang bisa memproduksi baik spare partnya ataupun unitnya. Contohnya Mobil listrik Tesla Model 3 dibandrol dengan harga 1.5 Milyar , BMW i3S 1,3 Milyar, Hyundai Ionic 500 Juta.

2.Jarak tempuh dan torsi

Karena mobil listrik menggunakan baterai maka jarak tempuh yang bisa ditempuh untuk sekali pengisian baterai masih terbatas.Saat ini beberapa model mobil listrik sudah bisa memiliki jarak tempuh 300-400 km untuk sekali pengisian baterai.

Mobil listrik tesla model 3 mampu menempuh 500Km untuk sekali pengisian bahan bakar, Hyundai ionic 400km, dan Nissan leaf 350Km, BMW i3S 300Km. Mobil listrik memiliki umur baterai yang tahan lama yaitu sekitar 8-10 tahun.

Mobil listrik juga memiliki kelebihan dalam hal torsi yang instan, lebih cepat dalam hal akselerasi, lebih intuitif dalam berkendara, lebih ringan, dan juga lebih nyaman karena memiliki sensasi yang berbeda saat mengendarainya.

3.Pengisian Baterai

Salah satu kelebihan mobil listrik yaitu bisa melakukan pengisian baterai di rumah jika kita telah memasang unit charger rumah. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai mobil listrik sampai penuh jika pengisian dilakukan dirumah sekitar 6-8 jam.

Sedangkan jika di charge di stasiun pengisian baterai umum sekitar 1 jam untuk jenis pengisian cepat fast charging dan 15-30 menit jika di isi pada stasiun pengisian ultra cepat jenis DC.

Kekurangannya adalah, saat ini stasiun pengisian baterai untuk mobil listrik di Indonesia masih jarang . Di Jakarta baru ada sekitar puluhan stasiun pengisian bahan bakar untuk mobil listrik.

4.Ramah lingkungan.

Mobil listrik jenis EV sama sekali tidak menggunakan bahan bakar bensin, 100 persen hanya menggunakan tenaga listrik dari baterai hal ini membuat mobil listrik tidak memiliki emisi gas buang dan ramah lingkungan. Tidak akan ada lagi polusi udara dan asap knalpot yang kadang cukup mengganggu.

Kekurangannya adalah pada saat lifetime baterai habis maka baterai yang sudah rusak harus ditangani secara khusus karena cukup berbahaya bagi lingkungan.

5.Suara yang senyap

Karena mobil listrik tidak memiliki mesin dengan sistem pembakaran yang menggunakan bahan bakar bensin tetapi menggunakan motor listrik bertenaga baterai maka suara yang keluar sangat senyap dan tidak bising. Hal ini bisa mengurangi polusi suara di jalan.

Tetapi kekurangannya adalah, kadang orang tidak menyadari kehadiran mobil di sekitarnya sehingga bisa membahayakan saat menyebrang ataupun beraktifitas di sekitar mobil listrik.

Setelah memiliki informasi yang cukup tentang mobil listrik sekarang anda dapat membaca merk mobil listrik terbaik di dunia.

andrecht

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *