EFEK SAMPING IMUNISASI PADA BAYI

manfaat vaksin


Bagi orangtua yang menolak anaknya untuk di imunisasi, muncul pendapat bahwa anaknya terlihat sehat-sehat saja sehingga tidak perlu perlindungan dari vaksin. Namun, tahukah Anda, bahwa bayi bisa terlindung dari berbagai penyakit karena bawaan antibodi atau kekebalan tubuh dari ibunya.

Hanya saja, kekebalan ini lama-kelamaan akan berkurang pada tahun pertama kehidupannya. Tidak hanya itu, berikut ini fakta seputar manfaat vaksin yang perlu Anda ketahui:

Menurunkan angka kematian anak

Sebelum vaksin ditemukan, banyak anak yang harus meregang nyawa akibat penyakit-penyakit, seperti campak, polio, dan batuk rejan. Saat ini, berkat adanya vaksin, penyakit tersebut bisa dicegah dan angka kematian pun turun drastis.

Imunisasi juga bisa melindungi lingkungan sekitar

Tidak hanya melindungi diri sendiri, imunisasi juga penting untuk melindungi lingkungan sekitar. Sebagai contoh, tidak semua anak memiliki kesempatan untuk bisa di imunisasi karena usianya yang masih terlalu muda atau karena penyakit tertentu seperti kanker.

Sehingga, jika anak-anak yang bisa diimunisasi menerima dosisnya secara tepat, maka risiko anak lain yang tidak bisa diimunisasi tertular penyakit bisa berkurang.

Mencegah keluarnya biaya pengobatan

Imunisasi bisa mencegah si kecil terkena berbagai macam penyakit berbahaya. Apabila penyakit tersebut sampai menyerang, tentu biaya yang dikeluarkan tidak akan sedikit. Selain itu, orangtua juga akan merasa lebih aman karena anak sudah memiliki pelindung di dalam tubuhnya.

Bahaya jika bayi tidak diimunisasi

Akibat tidak diimunisasi yang paling mengkhawatirkan adalah rentannya tubuh anak terhadap penyakit tertentu. Jika bayi tidak diberikan imuniasi dasar lengkap, tubuhnya tidak akan memiliki kekebalan yang spesifik terhadap penyakit tersebut.

Anak yang tidak diimunisasi akan menyebarkan kuman ke lingkungan sekitarnya termasuk keluarga, sehingga bisa menimbulkan wabah penyakit.

Oleh karena itu, guna mencegah penularan penyakit berbahaya yang menimbulkan sakit berat, cacat, hingga kematian, sebaiknya anak perlu diberikan imunisasi.

Menilik manfaat imunisasi pada anak di atas, Anda sebaiknya tidak lagi ragu untuk membawa si kecil menerima imunisasi wajib maupun imunisasi yang dianjurkan. Segera hubungi fasilitas kesehatan yang Anda percaya, dan mulai berikan perlindungan untuk si kecil.

Maka penting sekali bukan melakukan imunisasi Bayi karena dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Kenapa ya anak habis imunisasi malah sakit hal ini biasa terjadi ketika sesudah imunisasi, karena reaksi tubuh yang ditimbulkan. Anda tidak perlu khawatir hal ini merupakan reaksi yang baik untuk tubuh dan memperkuat imun si kecil.

Pastikan ketika melakukan imunisasi bayi dalam keadaan sehat dan nyaman. Gunakanlah popok yang sesuai dengan kenyamanan dan cocok untuk kulit sensitif seperti Merries.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *