Hot News
Home » Automotive » Cara Kerja Mobil Hybrid

Cara Kerja Mobil Hybrid

Mobil listrik hybrid menggunakan kombinasi mesin pembakaran internal dengan bahan bakar bensin dan sistem motor listrik bertenaga baterai untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Berikut adalah ilustrasi cara kerja mobil listrik hybrid :

mobil listrik

Cara kerja mobil listrik hybrid

1.Saat melaju dari berhenti

cara kerja mobil hybrid

Pada saat awal berjalan setelah berhenti ,mobil menggunakan tenaga baterai motor listrik sepenuhnya dengan kecepatan sampai 15 km/jam. inilah alasannya mengapa mobil listrik hybrid lebih efisien saat berkendara di dalam kota ketimbang di jalan tol.

2.Saat melaju normal.

spare part mobil hybrid

Pada saat mobil melaju normal, mobil hanya menggunakan bahan bakar bensin karena hal ini yang paling efisien, saat itu mesin mobil juga berfungsi sebagai generator listrik yang dapat menghasilkan listrik dan menyimpannya ke dalam baterai untuk digunakan nanti.

3.Saat melaju dengan kecepatan penuh.

mobil hybrid terbaru

Pada saat mobil melaju dengan kecepatan penuh, mobil akan menggunakan dua sumber tenaga yaitu tenaga dari mesin yang menggunakan bensin dan juga tenaga dari motor listrik dari baterai.

Kombinasi kerja gabungan dua system mesin bensin dan motor listrik dimungkinkan karena adanya transmisi bagi tenaga antara keduanya. Pada saat yang sama tenaga mesin juga memberikan energy ke generator.

Motor listrik bekerja menggunakan tenaga baterai dan juga generator sesuai kebutuhan.

4. Saat pengereman

kelebihan mobil hybrid

Saat dilakukan pengereman dan pedal gas dilepaskan, mobil hybrid menggunakan sistem yang pintar yaitu memanfaatkan pengereman.

Karena laju kendaraan sudah mulai melambat, mobil tidak perlu lagi tenaga mesin ataupun motor listrik.Mobil hybrid berhenti memberikan tenaga kepada roda dan putaran roda juga bisa mengalirkan energike generator mobil.

Generator kemudian mengalirkan listrik kepada baterai untuk disimpan dan untuk di gunakan nanti.

5. Sesaat sebelum berhenti

mobil hybrid

Pada waktu sesaat sebelum mobil berhenti, Baik mesin mobil ataupun motor listrik tidak bekerja. Pada saat itu sistem mobil menggunakan baterai untuk menyalakan sistem kendaraan seperti AC, lampu , radio dan lain lain.

Plus Minus Mobil Hybrid

Mitsubishi Outlander PHEV G Limited Edition
Mitsubishi Outlander PHEV G Limited Edition

Kelebihan mobil hybrid dibandingkan dengan mobil biasa adalah :

  1. Mobil hybrid lebih hemat bahan bakar karena pada saat mobil melaju pelan mobil tidak menggunakan bahan bakar bensin tetapi menggunakan tenaga motor listrik dari baterai . Sangat cocok dipakai di daerah perkotaan dengan kondisi jalan yang sering terjadi kemacetan.
  2. Mobil hybrid rendah emisi gas buang karena pada saat menggunakan motor listrik dengan menggunakan tenaga baterai sama sekali tidak ada emisi gas buang yang dihasilkan.
  3. Mobil hybrid memiliki getaran yang minim dan juga suara yang di hasilkan relatif lebih senyap.

Kekurangan mobil hybrid adalah harganya yang lebih mahal dibanding mobil biasa dan juga biaya spare part yang lebih mahal.

Perkembangan Mobil Hybrid di Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir sudah cukup banyak Mobil hybrid yang beredar di Indonesia seperti Toyota Camry hybrid, Toyota Ch-R Hybrid, Mercedes-Benz E300e EQ Power, Mitsubishi Outlander PHEV, Toyota Corolla Altis Hybrid.

Meskipun sekarang di pasaran sudah beredar mobil listrik jenis BEV/EV yang sudah full elektrik hanya menggunakan tenaga baterai untuk menjalankannya, sama sekali tanpa menggunakan bensin sehingga lebih hemat dan juga ramah lingkungan karena sama sekali tidak menghasilkan emisi gas buang.

Namun karena terbatasnya stasiun pengisian listrik di indonesa, mobil jenis ini belum terlalu diminati masyarakat. Diperkirakan mobil listrik jenis EV akan beredar lebih banyak di masyarakat dalam satu dua tahun mendatang.

andrecht

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *